Rabu, 20 Juli 2011

Menarche


Menarche
Pengertian Menarche
            Menarche adalah saat haid/menstruasi yang datang pertama kali pada seorang wanita yang sedang menginjak dewasa. Usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, sebab hal itu tergantung kepada faktor genetik (keturunan), bentuk tubuh, serta gizi seseorang. Umumnya menarche terjadi pada  usia 10 – 15 tahun, tetapi rata-rata terjadi pada usia 12,5 tahun. Namun, ada juga yang mengalami lebih cepat/dibawah usia tersebut. Menarche  yang terjadi sebelum usia 8 tahun disebut menstruasi precox  (Sarwono, 2007).
Menurut Waryana (2010), menarche yaitu biasanya terjadi pada usia 12-13 tahun. Cepat atau lambatnya kematangan seksual meliputi menstruasi, dan kematangan fisik individual, juga di pengaruhi faktor ras atau suku bangsa, faktor iklim, cara hidup yang melingkungi anak. Usia menarche adalah menstruasi pertama yang biasanya terjadi pada perempuan umur 12-13 tahun dalam rentang umur 10-16 tahun. Dalam keadaan normal menarche di awali dengan periode pematangan yang dapat memakan waktu 2 tahun. Menarche merupakan tanda diawalinya masa puber pada perempuan.
Seiring dengan perubahan pola hidup saat ini ada kecenderungan anak perempuan mendapatkan menstruasi yang pertama kali usianya makin lebih muda. Ada 2 faktor yang menyebabkan terjadinya menstruasi datang lebih dini, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormonal yang dibawa sejak lahir. Kondisi ini kemudian dipicu pula oleh faktor eksternal, seperti makanan (terutama junkfood), lingkungan yang modern serta tingkat kemakmuran masyarakat di suatu daerah (Waryana, 2010).
            Kejadian yang penting dalam pubertas adalah pertumbuhan badan yang cepat, timbulnya ciri-ciri kelamin skunder, menarche, dan perubahan psikis. Menarche merupakan perbedaan yang mendasar antara pubertas pria dan pubertas wanita.  Pengaruh peningkatan hormon yang pertama-tama nampak adalah perubahan badan anak yang lebih cepat terutama ekstremitasnya, dan badan lambat laun mendapat bentuk sesuai dengan jenis kelamin. Walaupun ada pengaruh hormon somatotropin, diduga pada wanita kecepatan pertumbuhan terutama disebabkan oleh estrogen. Estrogen ini pula yang pada suatu waktu menyebabkan penutupan garis epifis tulang-tulang, sehingga pertumbuhan badan berhenti. Pengaruh esterogen yang lain ialah pertumbuhan genetalia interna, genetalia eksterna, dan ciri-ciri kelamin sekunder. Dalam masa pubertas genetalia interna dan genetalia eksterna lambat laun tumbuh untuk mencapai bentuk dan sifat seperti pada masa dewasa. Perkembangan dalam bidang rohani ialah penyesuaian diri dalam alam terlindung serta aman menuju ke arah alam berdiri sendiri dan bertanggung jawab, dari alam pikiran egosentrik ke alam pikiran yang lebih matang (Sarwono, 2007).

Proses Terjadinya Menstruasi
Pada saat seorang bayi perempuan dilahirkan ovariumnya mengandung ratusan ribu sel telur tetapi belum berfungsi, ketika seorang perempuan mamasuki usia pubertas dan terjadi proses yang disebut siklus menstruasi (jarak antara lain hari pertama manstruasi bulan ini dengan hari pertama menstruasi bulan berikutnya). Siklus terjadi perubahan pada dinding rahim sebagai akibat dari reproduksi hormon-hormon oleh ovarium, yaitu dinding rahim makin menebal sebagai persiapan jika terjadi kehamilan. Ketika ada sel telur yang matang akan mempunyai potensi untuk dibuahi oleh sperma hanya dalam 24 jam. Bila ternyata tidak terjadi pembuahan maka sel telur akan mati dan terjadilah perubahan pada komposis kadar hormon yang akhirnya membuat dinding rahim tadi akan luruh disertai perdarahan, inilah yang disebut menstruasi (Sarwono, 2007)
     Haid
Haid adalah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Lama haid biasanya antara 3–5 hari, ada yang 1–2 hari diikuti darah sedikit-sedikit kemudian dan ada yang 7–8 hari. Pada setiap wanita biasanya lama haid itu tetap (Sarwono, 2007).
Siklus Haid
Siklus haid adalah jarak antara tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya. Panjang siklus haid yang normal atau  dianggap sebagai siklus haid yang klasik ialah 28 hari ditambah atau dikurangi 2–3 hari (Sarwono, 2007).
Satu siklus haid dibagi atas beberapa fase, selama  ± 1 bulan dapat kita bedakan 4 masa (stadium) :
1)      Stadium menstruasi atau deskuamasi (3-7 hari)
2)      Stadium proliferasi (7-9 hari)
3)      Stadium sekresi (11 hari)
4)      Stadium pramenstruasi (3 hari)
Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan pada Saat Haid
Menurut Sarwono (2007), kejadian menarche dan menstruasi dipengaruhi beberapa faktor yang mempunyai sistem tersendiri yaitu :
1.   Sistem susunan saraf pusat dengan pancaindranya.
2.   Sistem hormonal aksis hipotalamo-hipofisis-ovarial.
3.   Perubahan yang terjadi pada ovarium.
4.   Perubahan yang terjadi pada uterus sebagai organ akhir.
5.   Rangsangan estrogen dan progesteron pada pancaindra, langsung pada hipotalamus dan melalui perubahan emosi   


Daftar Pustaka
Admin, 2008. Ciri – ciri remaja. Diakses dari www.duniapsikologi.dagdigdug.com.
            16 april 2011.

Admin, 2010. Perkembangan Psikologi Remaja. Diakses dari 
            www.duniapsikologi.dagdigdug.com. 16 April 2011.

Ayurai, 2009. Ciri – ciri masa remaja. Diakses dari www.ayurai.wordpress.com.
            16 April 2011.

Jayanthi, 2010. Konsep Remaja. Diakses dari www.rentalhikari.wordpress.com. 16
            April 2011.

Notoatmodjo, 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo, 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo, 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Rabe. 2003. Ilmu Kandungan. Jakarta : Hipokrates.
Sarwono, 2007. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Setiadi, 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Surabaya : Graha Ilmu,.
Sunaryo, 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta : EGC.
Waryana. 2010. Gizi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Rihama.
Wawan, 2009. Ciri – ciri remaja. Diakses dari www.wawan-satu.blogspot.com. 16 
            April 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar